Sambutan Kaprodi

Sambutan Kaprodi S2 Arsitektur

Program Magister Arsitektur Universitas Tarumanagara akan mengintegrasikan bidang riset, desain, teori, dan metodologi, yang akan teraplikasikan dalam praktik di lapangan dengan tanpa meninggalkan lokalitas. Hal ini penting pada era globalisasi semua tenaga ahli termasuk tenaga ahli arsitektur dari seluruh penjuru dunia bisa berkarya di Indonesia. Apabila berbicara dengan jujur, dari segi keilmuan kita masih ketinggalan terhadap modernitas yang akan dibawa oleh arus globalisasi tersebut. Untuk itu kearifan lokal yang kita punyai harus dipertahankan karena hanya dengan itulah kita bisa menang dalam bersaing.

Siswa didik akan diberi kesempatan untuk membuka wacana baru di dalam desain, tetapi tetap tidak melupakan ke-Indonesiaan-nya, sehingga para lulusan ketika berhadapan dengan masyarakat pengguna jasa telah memiliki bekal yang cukup tentang khasanah desain yang berciri Indonesia.

Materi kurikulum yang disusun akan selalu melihat ruang kota sebagai payungnya, di mana di dalamnya akan dipenuhi dengan desain-desain setiap elemen yang harmonis, selaras, dan seimbang, sehingga masyarakat yang menempati akan merasa nyaman. Selain  itu nilai etika dan profesionalisme akan tetap ditanamkan agar menjadi pegangan ketika berkarya di masyarakat. Minat dan kajian masing-masing peserta didik akan diarahkan kepada kemampuan menganalisis dan mensintesiskan aspek-aspek sosial, budaya, ekonomi, politik, estetika, serta teknologi, yang dijiwai oleh semangat melestarikan lingkungan.

Kurikulum dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang berpraktek sebagai profesional arsitek dengan karya-karya berkualitas dan memiliki warna Indonesia, bagi yang berminat di bidang riset akan dididik sebagai peneliti dan calon pengajar yang handal.

Jakarta, 20 April 2015

Kaprodi S2 Arsitektur

Dr. Ir. Naniek Widayati, MT